LOADING . . .

Kelebihan dan Kekurangan Codeigniter

0 Comment



Sebelum memilih Jasa pembuatan Website yang tepat bagi anda, anda harus mengetahui terlebih dahulu banyak perusahaan web design di bali menggunakan berbagai teknik untuk membuat website. Ada yang menggunakan CMS (content management system) wordpress, joomla atau bahkan menggunakan layanan website instant yang disebut Web 2 seperti blogspot,  wordpress.com & shopify dengan mengedepankan hasil akhir (tampilan frontend). Jika perusahaan Jasa Pembuatan Website yang anda pilih menggunakan Framework atau bahkan membuatnya/coding dari nol khusus untuk anda, itu menjadi nilai tersendiri tentunya bagi anda dan betapa spesialnya anda bagi perusahaan tersebut. 

Pada Artikel kali ini, saya akan membahas sedikit apa itu framework. Bagi saya pribadi framework merupakan alasan untuk mempermudah dan menghemat waktu pengerjaan. Walaupun framework – framework yang ada saat ini dibuat dengan tujuan sebagai kerangka kerja bukan berarti lepas dari yang namanya coding. Penggunaan tools ini tergantung dari kebutuhan yang diperlukan penggunanya ketika membuat dan mengembangkan suatu aplikasi. 

Framework yang akan saya bahas kali ini adalah framework Codeigniter. Seperti pada artikel saya sebelumnya, codeigniter adalah sebuah web application network yang bersifat open source yang digunakan untuk membangun aplikasi php dinamis. Saya sendiri sudah menggunakan framework ini selama kurang lebih 5 tahun lamanya, berikut saya sharing kepada anda, beberapa kelebihan dan kekurangan codeigniter:

Keunggulan Codeigniter

  1. Performa yang Cepat Framework ini diklaim memiliki performa yang cukup cepat dibandingkan framework-framework seperti Cake, Symfony, Yii, dan Laravel. Oleh sebab itu dari keunggulan ini, para web developer memilih untuk menggunakan CodeIgniter dibandingkan dengan framework PHP lain.
  2. Konfigurasi yang Sederhana Pada CodeIgniter, para web developer dapat melakukan konfigurasi file dengan lebih sederhana. Konfigurasi pada CodeIgniter yang sederhana merupakan keunggulan lain yang dimiliki oleh framework PHP ini. Anda hanya perlu melakukan perubahan simpel pada config jika ingin melakukan konfigurasi.
  3. Banyak Komunitas Dari sekian banyaknya komunitas CodeIgniter, para web developer dapat bertukar pikiran, berbagi informasi, serta mendapatkan wawasan baru terkait dengan framework PHP yang satu ini.
  4. Dokumentasi yang Lengkap Terdapat dokumentasi yang cukup lengkap jika Anda ingin melakukan instalasi pada CodeIgniter.  Dokumentasi tersebut berupa user manual yang lengkap dan dapat dengan mudah Anda pahami.

Kekurangan Codeigniter

  1. CodeIgniter tidak ditujukan untuk pembuatan web dengan skala besar.
  2. Library yang sangat terbatas. Hal ini dikarenakan sangat sulit mencari plugin tambahan yang terverifikasi secara resmi, karena pada situsnya CodeIgniter tidak menyediakan plugin-plugin tambahan untuk mendukung pengembangan aplikasi dengan CI.
  3. Belum adanya editor khusus CodeIgniter, sehingga dalam melakukan create project dan modul-modulnya harus berpindah-pindah folder.




I’d love to hear from you, leave a Reply!