LOADING . . .

Membuat Website dengan Visual Studio 2008



Membuat Website dengan Visual Studio 2008 - Saya pernah mem-posting artikel tentang membuat website dengan microsoft Visual Studio 2008 pada website saya terdahulu adityawebs.com pada sekitar April 2011. Maksud dari artikel ini saya publish kembali adalah hanya untuk meng-arsipkan artikel-artikel yang saya buat sebelumnya di blog/website lama. Oke, langsung saja ke inti artikel yaitu Membuat Website dengan Visual Studio 2008, pernahkan anda membayangkan bisa membuat sebuah website menggunakan Microsoft Visual Studio 2008? Dengan Visual Studio 2008 anda bisa membangun sebuah aplikasi website, software, tools dan masih banyak yang lainnya.

Banyak jalan Menuju Roma” sepertinya, itulah peribahasa yang tepat untuk menggambarkan tentang banyak cara untuk membuat sebuah website. Baik itu dengan menggunakan CMS seperti Joomla, wordpress, drupal atau magento dan lain sebagainya atau menggunakan HTML dipadukan dengan CSS dan Javascript atau bahkan menggunakan Framework seperti Laravel, Codeigniter dan lainnya.

Pada Kesempatan Kali ini, saya akan menggunakan Software keren yang bernama Microsoft Visual Studio 2008. Sulit kah? Lebih baik kita berkenalan dulu dengannya

Sekilas Tentang Microsoft Visual Studio 2008

Menurut Wikipedia Microsoft Visual Studio adalah sebuah perangkat lunak lengkap (suite) yang dapat digunakan untuk melakukan pengembangan aplikasi, baik itu aplikasi bisnis, aplikasi personal, ataupun komponen aplikasinya, dalam bentuk aplikasi console, aplikasi Windows, ataupun aplikasi Web. Visual Studio mencakup kompiler, SDK, Integrated Development Environment (IDE), dan dokumentasi (umumnya berupa MSDN Library). Kompiler yang dimasukkan ke dalam paket Visual Studio antara lain Visual C++, Visual C#, Visual Basic, Visual Basic .NET, Visual InterDev, Visual J++, Visual J#, Visual FoxPro, dan Visual SourceSafe.

Microsoft Visual Studio dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi dalam native code (dalam bentuk bahasa mesin yang berjalan di atas Windows) ataupun managed code (dalam bentuk Microsoft Intermediate Language di atas .NET Framework). Selain itu, Visual Studio juga dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi Silverlight, aplikasi Windows Mobile (yang berjalan di atas .NET Compact Framework).

Langsung saja, anda hanya memerlukan Microsoft Visual Studio 2008 (download)

Pada Project Kali ini, akan membuat sebuah project yaitu website berita Online, mari mulai saja

Langkah Membuat Website dengan Visual Studio 2008:

Buka Microsoft Visual Studio Anda
File >>New >> web site >> Empty Web site

Vs1

Langkah awal pembuatan website adalah melakukan pembuatan CSS. CSS yang akan dibuat adalah template dari keseluran halaman web.
• Pada Solution explorer
Klik kanan pada web project anda, add new Item
• Di kotak dialog pilih tipe StyleSheet, dan beri nama news.css

Vs2

Ketikan listing CSS berikut

body{ 
font-family : Arial ;
color:#99003;
font-size:10pt
}
a{ 
color:#993333 ;
font-size:10pt
}
#banner
{ 
font-weight:bold;
width:100%;
padding:5px;
height:10%
}
#menu{
float:left;
font-weight:bold;
width:20%;
padding:5px;
border:dashed 1px;
}
#isi{ 
float:right;
width:75%;
padding:3px;
}
#judul{ 
font-size:14pt;
color:Black;
font-weight:bold;
}
#berita{ 
font-size:10pt;
}
#kecil{ 
font-size:8pt;
color:#FF6633;
text-align:right
}

Pembuatan Implementasi Sitemap

Setelah selesai membuat CSS (save terlebih dahulu hasil kerja anda), kini selanjutnya anda melakukan implementasi sitemap yang sebelumnya hanya menjadi sketsa. Mengapa kita perlu membuat sitemap? Karena implementasi sitemap memudahkan para programmer web untuk melakukan perancangan sekaligus implementasi dalam aplikasi web yang dibuat.

Sebuah sitemap secara default akan diberi nama web.sitemap, nantinya sitemap ini dapat terkoneksi dengan komponen navigasi (menu atau Treeview) melalui komponen SiteMapDataSource sehingga menjadi sebuah menu navigasi yang langsung terintegrasi.

Langkah pembuatan Sitemap
• Pada Solution explorer
Klik kanan pada web project anda, add new Item
• Di kotak dialog pilih tipe Sitemap, dan biarkan nama file default

Vs3

• Lengkapi Code sitemap menjadi seperti berikut:

<?xml version="1.0" encoding="utf-8" ?>






Membuat Master page

Sebuah Master Page merupakan template yang mampu menjamin keseragaman desain halaman web dalam sebuah ruang lingkup tertentu. Dalam Project yang ini, anda akan mebuat dua buah master page, yaitu satu untuk tampilan, dan satu lagi khusus untuk bagian admin berita. Pembedaan master page ini dikarenakan dua bagian tersebut memiliki menu navigasi yang berbeda dengan tujuan yang berbeda pula.

Master page pertama, didalamnya terdapat menu navigasi bagian tampilan berita dan banner situs berita. Langkah pembuatannya adalah sebagai berikut:
• Pada Solution explorer
Klik kanan pada web project anda, add new Item
• Di kotak dialog pilih tipe Master Page, dan biarkan nama file default

vs4

Diatas tag </head> ketikkan tag berikut untuk mengikutsertakan file CSS.

<link href="news.css" rel="Stylesheet" type="text/css" />

Klik tab source dan modifikasi listing diantara tag <form>…</form>

<form id="form1" runat="server">


</form>

File gambar Image.jpg bisa anda ganti dengan file gambar anda. 

Di Artikel berikutnya akan di lanjutkan tentang pembuatan database dan halaman admin. Tetap kunjungi terus blog sederhana ini, tetap sehat dan Rahajeng Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1943. Bye





I’d love to hear from you, leave a Reply!