LOADING . . .

Membuat Website Professional dengan PHP & MySql - PART #1

0 Comment



Hi, lama rasanya saya tidak pernah mengupdate posting blog sederhana ini. Ditengah kesibukan saya membangun Nawadwipa.co.id dan mengembangkan bisnisnya, dan atas saran seorang teman yang "menyadarkan" saya untuk terus berbagi ilmu baik ke sesama programmer ataupun orang awam sekalipun. Jadi, tujuan awal saya membangun blog ini, waktu itu sekitar tahun 2008an saya membuat adityawebs.com dan kemudian adityasubawa.com ini; yang hanya berisi tutorial2 dasar tentang bagaimana membuat blog/website dan tujuannya hanya ingin berbagi dan menambah ilmu kanuragan saya lol. "Sharing is charing" itu intinya..

Ok, dari pada banyak intro.. sesuai dengan judul post ini "Membuat Website Professional dengan PHP & MySql - PART #1" perlu anda ketahui terlebih dahulu beberapa pertanyaan dasar berikut:

Apa itu Website?

Website atau situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).

Bersifat statis apabila isi informasi website tetap, jarang berubah, dan isi informasinya searah hanya dari pemilik website. Bersifat dinamis apabila isi informasi website selalu berubah-ubah, dan isi informasinya interaktif dua arah berasal dari pemilik serta pengguna website.

Mengapa memerlukan website?

Ada banyak hal yang mempengaruhi mengapa anda harus membuat website, jika Anda seorang pemilik usaha kecil dan telah meluncurkan perusahaan startup Anda atau Anda bekerja secara freelance, dan Anda ingin tahu cara membuat dampak terbaik secara online. Memiliki sebuah website merupakan salah satu solusi yang tepat, saya sudah membuktikannya dengan memiliki Online portfolio saya bisa memperluas jangkauan pelanggan potensial yang bisa digapai.

Bagaimana cara membuatnya?

Ada banyak cara membuatnya, yaitu:

  1. Membuatnya dari awal dengan HTML, Javascript, CSS, PHP & MySql.
  2. Memakai CMS (Content management system) gratis (Wordpress, Joomla, Drupal dll).
  3. Ataupun jika modal anda terbatas, anda bisa menggunakan web platform gratis seperti (Wix.com, Blogspot.com, Wordpress.com dll).

Apa yang harus diketahui terlebih dahulu?

Karena saya akan membahas "Membuat Website Professional dengan PHP & MySql" berikut hal yang harus anda pahami tentang istilah2 yang akan sering saya gunakan:

  1. HTML: HTML adalah singkatan dari Hypertext Markup Language. HTML memungkinkan seorang user untuk membuat dan menyusun bagian paragraf, heading, link atau tautan, dan blockquote untuk halaman web. HTML bukanlah bahasa pemrograman, dan itu berarti HTML tidak punya kemampuan untuk membuat fungsionalitas yang dinamis.
  2. Javascript: Javascript adalah sebuah bahasa komputer atau kode pemrograman yang digunakan pada website agar website tersebut menjadi lebih interaktif dan dinamis.
  3. CSS: CSS adalah bahasa Cascading Style Sheet dan biasanya digunakan untuk mengatur tampilan elemen yang tertulis dalam bahasa markup, seperti HTML. CSS berfungsi untuk memisahkan konten dari tampilan visualnya di situs.
  4. PHP: PHP adalah bahasa pemrograman yang sering disisipkan ke dalam HTML. PHP sendiri berasal dari kata Hypertext Preprocessor. Bahasa pemrograman PHP biasanya tidak digunakan pada keseluruhan pengembangan website, melainkan dikombinasikan dengan beberapa bahasa pemrograman lain. Misalnya saja untuk mengatur tampilan, layout, dan berbagai macam menu menggunakan CSS.
  5. MySql: MySQL adalah salah satu sistem manajemen basis data SQL (Structured Query Language). MySQL menjadi salah satu database pertama yang bersifat open source. Jadi bahasa sederhananya adalah sebuah website tentu saja membutuhkan database server untuk menampung berbagai macam informasi. Berbagai macam data dibutuhkan oleh website seperti username, password, font, URL, dan sejenisnya. MySQL adalah salah satu sistem manajemen database yang biasa digunakan untuk mengelola data tersebut.

Apa yang harus disiapkan?

  1. Text Editor: Sebuah software yang kita gunakan untuk coding (istilah untuk menulis code/script) seperti notepad, notepad++, dreamweaver, netbeans, sublime dan lain-lain.
  2. Web Server: Web server adalah perangkat lunak yang berfungsi sebagai penerima permintaan yang dikirimkan melalui browser kemudian memberikan tanggapan permintaan dalam bentuk halaman situs web atau lebih umumnya dalam dokumen HTML. Namun, web server meliki dua pengertian berbeda, yaitu sebagai bagian dari perangkat keras (hardware) maupun sebagai bagian dari perangkat lunak (software). Pada tutorial ini saya akan menggunakan XAMPP, XAMPP adalah tahapan awal yang wajib dilakukan jika ingin menghemat anggaran. Pasalnya, XAMPP mampu menggantikan peran web server/hosting dengan cara menyimpan file website kedalam hosting lokal (localhost) agar bisa dipanggil lewat lewat browser.
  3. Web Browser: Perangkat lunak atau software yang digunakan untuk mencari, mengakses dan menampilkan halaman web, terutama situs-situs website dan konten lain di internet. Contohnya: Google Chrome, Safari, Mozilla Firefox dll.

Sebelum saya lanjutkan tutorialnya, standard saya tentang "Website Professional" adalah 

  1. Dinamis: Bisa merubah konten kapanpun/dimanapun
  2. Tampilan menarik/proposional
  3. Responsive: Support untuk tampilan HP/Mobile
  4. SEO Friendly: Penggunaan permalink/slug, social share ready.
  5. Aktivitas Form/Email berjalan lancar.

Sekian dulu posting Membuat Website Professional dengan PHP & MySql, Saya akan bahas teknis pembuatan dan instalasi awal pada PART #2, Stay Strong & Healthy. 




I’d love to hear from you, leave a Reply!