LOADING . . .

Setting htaccess dengan www atau tanpa www

04
Nov
Setting htaccess dengan www atau tanpa www

Setting htaccess dengan www atau tanpa www - Kebanyakan website/weblog di internet memiliki prefiks/awalan www di alamat url-nya. Sadarkah Anda bahwa ketika mengetikkan (misalnya suba.website) dan www.suba.website maka Anda akan dibawa ke halaman yang sama. Padahal di dunia komputer, perbedaan satu huruf saja sudah menjadikan segala sesuatunya berbeda.

 

Lalu apa yang beda ketika kita memakai www dan ketika kita tak memakai www di alamat sebuat website? Sebenarnya bukan alamatnya yang berbeda melainkan alamat manapun yang digunakan maka akan diarahkan ke tempat yang sama. Biasanya para pemilik website/weblog yang menggunakan web server Apache, memanfaatkan .htaccess untuk melakukan redirect ketika pengunjung website/weblog lupa (atau emang sengaja) tidak mengetikkan www.

 

Bagaimanakah cara Setting htaccess dengan www atau tanpa www ?

1. saya asumsikan anda telah memiliki domain dan hosting

2. cari file bernama .htaccess atau htaccess.txt di folder public_html anda

3. copy dan Paste kode berikut di file htaccess anda (anda bisa menggunakan editor seperti notepad, editplus, macromedia dreamweaver ataupun software-software sejenisnya)

RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTP_HOST} ^domain.com [NC]
RewriteRule ^(.*)$ http://www.domain.com/$1 [L,R=301]

Note: ganti "domain.com" dengan domain anda

Dengan www atau tanpa www bedanya hanya di URL saja, tapi sebaiknya pilih salah satu saja, sisanya di redirect ke yang 1 itu agar lebih SEO friendly. Google mendetect itu sebagai multiple page with similar content -> tidak SEO friendly.

 

Cara Alternative:

Di hosting DNS bikin "A Records" untuk hostname "www", lalu point kan ke IP server. Kalau pakai shared hosting berbasis cPanel, tinggal point nameserver ke server hosting nya saja (by default di cPanel/WHM hostname "www" sudah teregistrasi)



I’d love to hear from you, leave a Reply!