LOADING . . .

Apa Perbedaan Http Dan Https?

04
Nov
Apa Perbedaan Http Dan Https?

Apa perbedaan Http dan Https? - Url (Uniform Resource Locator) adalah referensi ke sumber daya yang menetukan lokasi sumber daya pada jaringan komputer. Url adalah jenis dari URI (uniform resouce identifier) meskipun banyak orang mengunakan dua istilah. Sebuah URL sarana untuk mengakses resources dari setiap URI. URL paling umum untuk halaman website referensi (http), tetapi juga digunakan untuk transfer file (ftp), email, akses database (JDBC), dan banyak aplikasi lainnya.

 

Kebanyakan web browser menampilkan URL dari halaman web diatas halaman di address bar. sebuah URL memiliki http://www.suba.website/index.html bentuk menunjukan jenis protokol (http), nama domain, (www.suba.website) dan halaman web tertentu (index.html). Http (hypertext transfer protocol) adalah sebuah protokol aplikasi untuk mendistribusikan, kolaboratif, sistem informasi hypermedia.

 

Http adalah dasar komunikasi data untuk world wide web Hypertext adalah text menggunakan link logis (hyperlink) antara node yang berisi text. Http adalah protokol yang berfungsi untuk pertukaran atau hypertext transfer pengembangan standar http dikordinasi oleh IETF (Internet Engineering Test Force) dan w3c (World wide web consortium), yang berpuncak pada publikasi RFC (Requests for Comments).

 

Pertama http versi 1.1 seperti yang digunakan umumnya RFC 2068 terjadi pada tahun 1997, meskipun ini usang oleh RFC 2616 pada tahun 1999 https disebut juga Http melalui TLS, Http melalui SSL, dan http aman. https adalah protokol untuk komuikasi yang aman melalui jaringan komputer yang banyak digunakan di internet. Https terdiri dari komunikasi melalui Http (Hypertext Transfer Protocol) dalam koneksi terenkripsi olej transport layer security atau secure sockets layer.

 

Berdasarkan pengertiannya secara singkat HTTP (Hypertext transfer protocol) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia . atau secara mudahnya HTTP merupakan aturan dasar atau protokol yang mengatur komunikasi antara client dan  server. client adalah user yang meminta dan menerima informasi sedangkan server adalah yang memberikan informasi tersebut. Sedangkan HTTPS (Hypertext transfer protocol) merupakan versi aman dari HTTP, tugasnya sama persis namun dalam pertukaran data https  menggunakan autentikasi dan komunikasi tersandi. HTTPS di kembangkan oleh Netscape Communications Corp.

 

Berikut beberapa perbedaan antara HTTP dan HTTPS

 

1. Keamanan Transmisi Data

Perbedaan utama antara HTTP dan HTTPS adalah masalah keamanan transmisi data. Saat ini banyak informasi-informasi penting seperti user password, data pribadi, kartu kredit dan data penting lainnya yang rawan terhadap tindak kejahatan dunia maya. Dengan menggunakan HTTPS pengunjung website akan merasa aman dan tingkat kepercayaan pengunjung terhadap website pun meningkat. Ada 3 proses yang dilakukan oleh HTTPS yaitu:

  • Autentikasi Server Dengan dilakukan autentikasi server, pengunjung website akan yakin bahwa website yang dituju sudah sesuai.
  • Kerahasiaan Data Data yang ditransmisikan lebih aman dengan adanya enkripsi, sehingga tidak bisa dibaca oleh pihak lain.
  • Integritas Data Selain sudah terenkripsi, data yang ditransmisikan tidak bisa diubah oleh pihak lain karena saat sampai  akan divalidasi oleh MAC (Message Authentication Code).

 

2. Port Yang Digunakan

Perbedaan HTTP dan HTTPS kedua adalah pada port yang digunakan, untuk HTTP biasa menggunakan port default 80 dan untuk HTTPS menggunakan port 443.

 

3. SSL (Secure Socket Layer)

HTTP secara default menggunakan koneksi yang tidak menjamin aman, komunikasi masih bersifat client-server. SSL memungkinkan untuk mengamankan enkripsi data yang ditransmisikan dari server menuju klien. Penggunaan SSL ini akan sangat berguna bagi website-website yang membutuhkan user login, transaksi keuangan, sistem informasi dan sejenisnya. Untuk dibedakan sesuai dengan tingkat validasinya dan jumlah domainnya, anda tinggal menyesuaikan saja sesuai dengan kebutuhan website yang dimiliki.

 

4. SEO (Search Engine Optimization)

Google sudah memberikan pengumuman tepatnya pada bulan Agustus 2014 tentang salah satu faktor penentu peringkat website adalah penggunaan HTTPS. Google akan memberikan prioritas lebih kepada website yang sudah menggunakan protokol yang aman, saat itu pula banyak para webmaster mulai merubah website HTTP mereka menjadi HTTPS.

 

Tidak menutupkemungkinan pengunjung website akan merasa tidak aman ketika melihat website belum menggunakan HTTPS, bahkan untuk versi chrome terbaru saat ini menandai website yang tidak aman dengan tulisan ‘Not secure’ warna merah pada URL. Dengan menggunakan HTTPS anda akan mendapatkan kesempatan mendapatkan peringkat terbaik dihalaman pencarian Google.

 

Sertifikat Https sendiri bisa kamu peroleh di berbagai Jasa Pembuatan Website dan penyedia Hosting. Dengan begitu maka website kamu akan lebih mendapat kepercayaan dari pengguna atau customer. selain itu dari segi kualitas website oleh Google lebih baik menggunakan https dibandingkan http. Demikian postingan kali ini, semoga bermanfaat dan juga memberikan wawasan teman-teman seputar http dan https.



I’d love to hear from you, leave a Reply!